Ada Fenomena Halo Matahari di Langit Lhokseumawe, Warga Heboh


Portal Berita NasionalLhokseumawe - Warga Lhokseumawe, Aceh Utara dan sekitarnya siang ini dihebohkan dengan fenomena alam, Halo. Halo matahari menyedot perhatian warga.

Kamis (30/3/2017) sekitar pukul 11.00 WIB, banyak orang yang menyempatkan diri keluar rumah atau kantornya, menengadahkan muka untuk melihat peristiwa langka tersebut. Tak sedikit dari mereka yang mengabadikan halo matahari itu dengan kamera ponselnya. Fenomena jarang terjadi ini biasanya hanya puluhan menit saja, namun di langit Lhokseumawe dan sekitarnya hari ini terjadi cukup lama hingga satu jam lebih.

"Fenomenanya sangat jelas bisa kami lihat. Jarang-jarang bisa menyaksikan langsung fenomena sepertinya. Saya pribadi sangat takjub melihatnya," kata Rahmad, warga Lhokseumawe ditemui wartawan usai menyaksikan fenomena tersebut.

Rahmad menyebutkan dirinya sadar bahwa ada fenomena alam ini saat temannya mengirimkan selembar foto ke media sosial pribadinya. Di situlah dia tahu dan langsung menyaksikan.

"Saya sedang ngopi bareng teman-teman. Masuk pesan di ponsel. Eh, ternyata teman ngirim foto bahwa ada fenomena alam di langit. Saya pun langsung bergegas keluar untuk menyaksikannya," sebut Rahmad.

Sementara Kepala Pusat Studi Ilmu Falak IAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Tengku Ismail, MA mengatakan fenomena ini merupakan sejenis fenomena optik bukan fenomena atmosfer yang bisa dihitung.

"Ini hanya kebetulan. Penyebabnya dari hasil cahaya matahari yang dipantulkan ke dalam awan yang ada kristalnya atau bisa dikatakan hasil pembelokan cahaya matahari oleh partikel uap air di atmosfer sehingga terbentuk karena dispersi (pembiasan warna) butir-butir es atau air pada awan sirus oleh sinar ultraviolet," sebut Tengku Ismail.

Subscribe to receive free email updates: