PLT Kades Pemekaran Segera Dilantik


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah (Loteng) akan segera melantik 15 pejabat desa pemekaran. "Kalau tidak ada kendala, minggu kedua bulan ini (Maret) kita akan lantik," ungkap Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Loteng, Jalaludin, Rabu (1/3).

Sementara, saat ini masih dalam proses pengusulan pejabat desa pemakaran. Dan sejauh ini, prosesnya sudah hampir selesai. Hanya saja, tinggal satu desa yang masih dalam proses pengusulan pejabat yang akan ditempatkan di desa persiapannya itu, yakni Desa Beleke. "Kalau desa yang lain sudah rampung," ujarnya.

Sehingga, kalau sudah rampung semua kata Jalaludin, baru akan diajukan ke Bupati. Setelah disetuji usulan masyarakat tersebut oleh Bupati, baru akan dilakukan pelantikan. "Intinya bulan ini sudah terisi pejabat desa pemekaran," katanya. Kemudian, pejabat yang ditempatkan adalah dari kalangan PNS, bukan dari kalangan non PNS. Karena secara aturan, sebelum desa persiapan itu menjadi desa divinitif, terlebih dahulu dipimpin oleh PNS, etnah itu dari perangkat daerah di tingkat kecamatan atau pun Kebupaten. "Pejabat inilah nanti yang akan melengkapi indikator menuju desa divinitif," ucapnya.

Bila perlu satu tahun kata Jalaludin, desa itu sudah bisa menjadi desa divinitif. Tentunya harus melengkapi indikator atau syarat yang telah ditentukan. Seperti, harus ada kantor desa. Dan syarat pendukung lainnnya, seperti posyandu, infrastruktur dan lainnya sebagainya.
Kemudian, untuk sementara anggaran desa persiapan dibebankan ke Desa Induk. Dan desa induk memberikan anggaran ke desa persiapan maksimal 30 persen dari APBDes. "Nanti juga akan ada support anggaran dari Pemerintah Daerah," tungkasnya.

Sebelumnya juga, Bupati Loteng, HM Suhaili FT meminta kepada desa induk agar tidak lepas tangan kepada desa persiapan yang baru saja dikeluarkan kode registrasinya. "Bimbinglah mereka dan bantu dari segi anggaran. Sehingga, kedepan desa persiapan ini bisa mandiri, setelah ditetapkan menjadi desa divinitif," ucapnya.

Lima belas desa persiapan itu, diantaranya Pajangan desa Dasan Baru, Kecamatan Kopang, Berinding, Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang, Lendang Tampel Desa Beber Kecamatan Batukliang, Lelong Desa Kelebuh Kecamatan Praya Tengah, Janggawana Desa Saba Kecamatan Janapria, Lingkok Berenge Desa Saba, Kecamatan Janapria, Prako Desa Lowang Maka, Tibusisok Desa Loang Maka Kecamatan Janapria, Beleke Daye Desa Beleka Kecamatan Praya Timur, Lebe Sane Desa Beleka Kecamatan Praya Timur, Pengonak Desa Ganti Kecamatan Praya Timur, Desa Jero Puri Desa Ganti Kecamatan Praya Timur, Dadap Desa Pengengat, Kecamatan Praya Timur, Kerame Jati Desa Pengembur Kecamatan Pujut dan Pandan Tinggang Desa Batu Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya. |dk

Subscribe to receive free email updates: