Computer Ngadat Ganggu Pelaksanaan UN


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com, Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA), Senin (10/4) kemarin masih menemui banyak kendala. 

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMA/MA, Kadian, M.Pd menjelaskan, di beberapa sekolah yang menggunakan Ujian Nasinal Berbasis Komputer (UNBK) sempat terkendala persoalan tekhnis. Di SMAN 4 Praya misalnya, beberapa unit perangkat computer mengalami gangguan.  

Akibatnya, beberapa peserta terpaksa mengikuti ujian pada sesi kedua. " Kalau pada sesi pertama tidak bisa, bisa dilaksanakan siang haru pada sesi selanjutnya," jelasnya. 

Sementara untuk Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), sempat terjadi kekurangan soal di beberapa sekolah penyelenggara. Namun semua itu berhasil ditangani dengan adanya soal pengganti yang dikirim pihak provinsi. " Memang ada kendala. Tapi secara keseluruhan, pelaksanaan UN di hari pertama berjalan lancar," ungkap Kadian. 

Adapun jumlah peserta UN secara keseluruhan sebanyak 9.085 yang terdiri dari UNBK 4.149, sedangkan UNKP 4. 936. 
Dengan berbagai persiapan yang sudah dilakukan selama ini, pihaknya berharap nilai UN tahun ini lebih tinggi dari tahun 2016. "Kalau dulu nilai rata-rata 5,5, tahun ini mudahan bisa meningkat paling tidak jadi 6," harapnya. 

Untuk itu, pihaknya mengimbau seluruh kepala sekolah agar lebih sigap dalam menghadapi berbagai kendala pada saat pelaksanaan UN. " Kalau ada masalah segera lapor," pungkasnya. |wis

Subscribe to receive free email updates: