DKPP Kabupaten Probolinggo Berikan Bantuan Kepada 12 poktan


//



Penulis : Dimaz Akbar

12 kelompok tani (poktan) di Kabupaten Probolinggo mendapatkan bantuan hibah pompa air dan cultivator dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo


Probolinggo,KraksaanOnline.com -  Sedikitnya 12 kelompok tani (poktan) di Kabupaten Probolinggo mendapatkan bantuan hibah pompa air dan cultivator dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo. Bantuan hibah ini merupakan kegiatan standarisasi kualitas bahan baku tembakau.

Kepala DKPP Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari melalui Kasi Tanaman Perkebunan Semusim Evi Rosellawati mengatakan bantuan hibah pompa air dan cultivator ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas bahan baku tembakau di Kabupaten Probolinggo.

"Diharapkan dengan bantuan ini petani tembakau bisa meningkatkan mutu dan kualitas yang dihasilkan. Dengan demikian harga jualnya meningkat dan pendapatan petani tembakau bertambah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani tembakau di Kabupaten Probolinggo, "katanya, Jumat (1/9/2017).

Menurut Evi, potensi tembakau di Kabupaten Probolinggo sangat mendukung perekonomian masyarakat. Terutama masyarakat penghasil tembakau Paiton VO dan Jawa.

"Untuk tembakau Paiton VO bisa dijumpai di Kecamatan Paiton, Pakuniran, Besuk, Kotaanyar, Krejengan, Kraksaan dan Gading. Sementara penghasil tembakau Jawa/Menyono terdapat di Kecamatan Bantaran, Wonomerto, Kuripan dan Lumbang," jelasnya.

Terkait hibah cultivator Evi menerangkan bahwa cultivator ini digunakan pada saat pengolahan lahan/penggemburan sebagai antisipasi ketersediaan tenaga kerja semakin sulit dengan biaya yang semakin meroket.

"Oleh karenanya kita harus mulai mengarah ke mekanisasi pertanian. Penggunaan mekanisasi pertanian yang tepat berperan sangat signifikan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tembakau, "pungkasnya.

Untuk bantuan hibah pompa air diberikan kepada 6 (enam) poktan. Yakni, Poktan Karya Bakti II Desa Klampokan Kecamatan Besuk, Poktan Lestari Kalikajar Wetan Desa Kalikajar Wetan Kecamatan Paiton, Poktan Sumber Rejeki Triwungan Desa Triwungan Kecamatan Kotaanyar, Poktan Tani Makmur Desa Tamansari Kecamatan Kraksaan, Poktan Sumber Makmur III Sumberkare Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto dan Poktan Sekar Tani Menyono Desa Menyono Kecamatan Kuripan.

Sementara cultivator diberikan kepada 6 (enam) poktan. Meliputi Poktan Tani Jaya Desa Patemon Kecamatan Krejengan, Poktan Sumber Jaya Matekan Desa Matekan Kecamatan Besuk, Poktan Sumber Air Desa Sindetlami Kecamatan Besuk, Poktan Sukotani Satu Alas Pandan Desa Alas Pandan Kecamatan Pakuniran, Poktan Sumber Urip Kedawung Desa Kedawung Kecamatan Kuripan dan Poktan Tani Agung Satu Desa Kebon Agung Kecamatan Kraksaan. (maz)

Subscribe to receive free email updates: