Pasca libur Natal dan Tahun Baru 2018, Tim Quick Respon Tinjau Wisata Pantai Duta

Penulis : Hendra 
Kamis 04 Desember 2017

PAITON,KraksaanOnline.com – Pasca libur Natal dan Tahun Baru 2018, Tim Quick Respon Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan peninjauan situasi Pantai Duta di Desa Randu Tatah Kecamatan Paiton, Kamis (4/1/2018) pagi. Kondisi sampah yang tidak terurus di salah satu sudut sebelah selatan Pantai Duta menjadi fokus utama dalam peninjauan tersebut.

Tim khusus tersebut antara lain Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Muh Happy, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Tutug Edi Utomo, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Anggit Hermanuadi dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rachmad Waluyo.

Dalam kesempatan tersebut, para unsur pimpinan di lingkungan Pemkab Probolinggo itu menyaksikan secara langsung kondisi sampah yang sudah mulai menggunung tidak jauh dari bibir Pantai Duta. Sampah kering dan basah bercampur dan berserakan tertiup angin laut serta mulai mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Tutug Edi Utomo, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo mengakui bahwa pihaknya menerima masukan positif dari salah seorang pengunjung dan sangat mengeluhkan kondisi ini. "Kami disini untuk merespon hal tersebut dengan melakukan koordinasi bersama pihak terkait untuk mencari solusi yang tepat," ungkapnya.

Sementara menurut Rachmad Waluyo, Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, kondisi ini dipicu oleh membludaknya tingkat kunjungan wisata ke Pantai Duta pada saat libur Natal dan tahun baru beberapa waktu yang lalu, sehingga menghasilkan kapasitas sampah yang berlipat-lipat.

"Karena di Pantai Duta belum memiliki Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah, akhirnya para pemilik stand kuliner sementara membuang sampahnya disini, " kata Rachmad Waluyo.

Lebih lanjut Rachmad Waluyo menyarankan kepada pihak pengelola agar segera membuat TPS di sekitar Pantai Duta, mengingat minat kunjungan wisata ke Pantai Duta yang semakin ramai. "Maka sesuai dengan tupoksi kami yaitu penanganan sampah dari TPS ke TPA, kami harap pihak pengelola bisa mengawali dengan menyediakan TPS sehingga penanganan sampahnya bisa lebih mudah dan cepat," tegasnya.

Sementara M Yasin, Camat Paiton mengemukakan bahwa untuk penanganan sampah, dari awal pihaknya juga telah menekankan kepada para PKL dan petugas kebersihan di Pantai Duta. Karena memang tidak ada lokasi khusus untuk TPS maka sampah ini pun akhirnya terkesan tidak terurus.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak pengelola dan Pemerintah Desa Randu Tatah untuk segera mungkin membangun sebuah TPS yang memadai, agar kedepan Pantai Duta ini tetap terjaga kebersihan dan kelestarianya," tandas M Yasin.

Untuk segera membersihkan timbunan sampah tersebut, Tim Quick Respon Pemkab Probolinggo menerjunkan dua unit dumptruk pengangkut sampah beserta puluhan personilnya. Diperkirakan pekerjaan tersebut akan rampung sampai sore hari. (dra)

Subscribe to receive free email updates: