Sidak Hari Pertama Masuk Kerja di Tahun 2018

Penulis : Dimaz Akbar
Selasa 02 Januari 2018


KRAKSAANONLINE.COM - Apel pagi hari pertama masuk kerja di tahun 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terlihat berbeda dari biasanya, Selasa (2/1/2018). Pasalnya dalam kesempatan tersebut langsung diisi dengan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Dari hasil sidak di 27 OPD, sebanyak 86 pegawai Pemkab Probolinggo diketahui tidak masuk kerja. Rinciannya, 13 pegawai sakit, 7 pegawai cuti, 22 pegawai lepas piket, 12 pegawai Tanpa Keterangan (TK) serta sisanya dengan keterangan izin lainnya.

Sidak sendiri dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono. Dalam sidak ini ada 4 (empat) tim yang mengecek kehadiran pegawai di 27 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Untuk tim pertama langsung dipimpin Sekda Soeparwiyono, tim kedua dipimpin Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Abdul Halim, tim ketiga dipimpin oleh Kepala Satpol PP Dwijoko Nurjayadi dan tim keempat dipimpin Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Agus Mukson.

"Hasilnya tim gabungan ini mendapati puluhan pegawai yang tidak masuk pada hari pertama kerja di 2018 ini. Sidak ini dilakukan pagi hari saat apel pagi. Ditunggu 5 menit, pegawai tidak kunjung datang, maka dianggap tidak hadir," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo.

Lebih lanjut Tutug menerangkan bahwa 12 pegawai yang tanpa keterangan itu terdiri dari 10 pegawai PNS dan 2 pegawai Non PNS. "Pastinya kami akan melakukan klarifikasi pada mereka. Nantinya BKD dan Inspektorat yang akan mengambil sanksi, karena sidak digelar untuk menerapkan disiplin pegawai," pungkasnya. (Maz)

Subscribe to receive free email updates: