Irjen Gatot Eddy Pramono Resmi Pangku Jabatan Kapolda Metro Jaya


Jakarta, Info Breaking News – Irjen Gatot Eddy Pramono hari ini resmi memangku jabatan sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Idham Aziz.
Dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) yang dilakukan pada pagi hari tadi, Kamis (24/1/2019) di ruang Rupatama Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri) tersebut, Gatot mengucapkan sumpah jabatan mengikuti sumpah yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.
"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucapnya.
"Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab. Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, serta akan senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara daripada kepentingan saya sendiri, seorang, atau golongan," lanjut Gatot.
Usai mengucapkan sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan mendengarkan kata sambutan dari Kapolri. Dalam sambutannya, Tito menekankan pergantian jabatan adalah hal yang lumrah dalam struktur Polri.
"Polri solid. Tolong pihak eksternal mendorong soliditas Polri. Tidak ada fraksi dan friksi-friksi di dalam Polri," kata Tito.
Menurut Tito, hal terpenting dalam setiap jabatan Polri adalah mengemban tugas yang diberikan secara amanah dan memberikan kontribusi nyata bagi organisasi, bangsa, dan negara.
"Di tempat baru apa pun tempatnya adalah jalan Tuhan, amanah Tuhan harus diemban sebaik-baiknya," kata Tito.
Masih di kesempatan yang sama, Kapolri juga turut melantik Irjen Idham Aziz sebagai Kabareskrim menggantikan Komjen Arief Sulistyanto. Sementara Arief menduduki jabatan baru sebagai Kalemdiklat Polri.
Selanjutnya, posisi Asisten Bidang Perencanaan dan Pengadaan Polri diisi Irjen Agung Sabar Santoso.
Komjen Unggung Cahyono yang kini menjabat Kalemdiklat Polri akan mengisi posisi sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) menggantikan Komjen Lutfi Lubihanto yang akan memasuki masa pensiun.
Selanjutnya, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Umar Septono menjabat sebagai Wairwasum Polri. Kemudian, Dankor Brimob Polri Irjen Rudy Sufahriadi menjabat sebagai Asops Kapolri. Sementara posisi Komandan Brimob akan diisi Irjen Ilham Salahudin.
Lalu Kapolda Bengkulu, Brigjen (Pol) Supratman yang menggantikan Brigjen (Pol) Coki Manurung. Supratman sebelumnya menjabat sebagai Wakapola Jawa Barat. Coki dipindahtugaskan menjadi Widyaswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Hamidi yang sebelumnya Pati Densus 88 Antiteror akan menggantikan Irjen Umar Septono yang dimutasi menjadi Wairwasum Polri.
Kemudian, Kapolda Maluku Utara Brigjen (Pol) Suroto yang sebelumnya menduduki jabatan Karopsi SSDM Polri akan menggantikan posisi Brigjen (Pol) M Naufal Yahya yang dimutasi menjadi Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri. ***Juenda

Subscribe to receive free email updates: