Red Mango, Varian Mangga Termahal di Dunia Milik Jepang

Miyazaki Mango atau Red Mango, varian mangga termahal di dunia


Jakarta, Info Breaking News – Buah mangga yang terkenal dengan cita rasa manis dengan warna yang menggoda memang tak sulit ditemukan di Indonesia.

Harganya sendiri boleh dibilang cukup terjangkau bagi masyarakat penikmat buah yang biasanya identik dengan warna kulit hijau dan dagingnya yang kuning.

Namun, ternyata mangga yang biasa kita temui di pasar atau toko buah lainnya berbeda dengan mangga spesial asal Jepang.

Namanya adalah Red Mango atau mangga merah lantaran kulitnya berwarna merah. Selain karena warnanya yang unik dan cukup mencolok, mangga ini juga terkenal karena harganya yang jauh di atas rata-rata.

Untuk dapat menikmati mangga khas negeri Sakura ini, Anda harus siap merogoh kocek hingga Rp 1 juta per satu buah yang bobotnya kurang lebih 700 gram.

Warga lokal mengklaim tingkat kemanisan Red Mango atau yang juga dikenal dengan nama Miyazaki Mango itu adalah 15 kali lebih manis disbanding mangga biasa pada umumnya.

Konon, budidaya Red Mango dimulai sejak tahun 1980-an dengan harapan bahwa varian buah tersebut dapat menjadi makanan khas penduduk lokal. Keterbatasan teknologi menuntut para petani buah mangga untuk memanen berdasarkan insting atau perhitungan mereka sendiri, dengan cara memotong batang pohon yang banyak ditumbuhi oleh buah.

Lantaran banyak yang mengatakan mangga yang memiliki cita rasa terbaik adalah mangga yang matang dan jatuh dari pohon secara alami, para petani pun mengembangkan sebuah metode untuk dapat memanen, yakni dengan memasang jaring, sehingga mangga yang matang bias langsung jatuh ke jaring tersebut.

Hidetoshi Kawano, seorang petani yang ikut membudidayakan Red Mango mengatakan untuk menghasilkan mangga terbaik, standar yang tinggi serta pengawasan yang ketat sangat diperlukan.

Lantas, apakah Anda berniat mencoba mangga termahal di dunia ini? ***Nadya

Subscribe to receive free email updates: