Diintegrasi, Pengguna WhatsApp Nantinya Bisa Kirim Pesan ke Instagram dan Messenger



Jakarta, Info Breaking News – Facebook nampaknya akan benar-benar mengintegrasikan sejumlah aplikasi pesannya.

Dengan mengintegrasikan sejumlah aplikasi tersebut, pengguna WhatsApp nantinya akan bisa mengirim pesan ke aplikasi pesan Facebook Messenger dan chat DM di Instagram.

Perihal tentang integrasi aplikasi chatting ini, seperti dikutip dari Engadget, Selasa (7/5/2019) diungkapkan langsung oleh Head of Consumer Messenger Product, Asha Sharma dalam acara konferensi pengembang Facebook F8 beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kehadiran integrasi ini dapat memudahkan pengguna untuk segera mengirim pesan antar aplikasi chatting milik Facebook. Misalnya pengguna WhatsApp bisa berkirim pesan ke aplikasi Messenger atau Instagram dan sebaliknya.

Sharma mengatakan, interoperabilitas merupakan salah satu dari banyak fitur baru Messenger. Nantinya semua pesan akan dienkripsi end-to-end yang menjadi privasi terbaru dari Facebook.

Pengiriman pesan antar aplikasi ini, lanjut Sharma, akan bekerja mirip dengan cara orang membuat panggilan telepon sekarang ini. Tanpa harus mempedulikan operator nomor tujuan, pengguna tetap bisa menelepon mereka yang beda operator.

"Katakan saja kamu ingin berbicara dengan teman, pesan itupun akan sampai kepadanya tak peduli layanan pesan apapun yang dipakainya," jelasnya.

"Kami percaya, orang harus dapat saling berkomunikasi dengan siapa saja, menggunakan (aplikasi) apapun," imbuh dia.

Meski begitu, informasi terkait kapan Facebook akan merilis integrasi tersebut masih belum dapat dipastikan. Zuckerberg mengatakan, proses integrasi antar ketiga aplikasi pesan milik Facebook ini bisa memakan waktu lama, sehingga waktu rilisnya pun kemungkinan bisa beberapa bulan mendatang atau malah tahun depan.

Fitur Baru Messenger

Selain itu, di kesempatan yang sama Sharma juga menyebut aplikasi Messenger akan diperkuat dengan sejumlah fitur baru.

Ia menjelaskan Facebook akan mengembangkan komunikasi yang bersifat lebih privat di masa yang akan datang.

"Kami mengumumkan sejumlah produk dan fitur baru yang akan membantu menciptakan ikatan yang lebih dekat antara pengguna dengan pengguna, bisnis, dan para pengembang," katanya seperti tertulis di Facebook Newsroom, Senin (6/5/2019).

Fitur baru yang dimaksud ialah sebagai berikut:

1. Lebih Ringan dan Cepat
Beberapa fitur terbaru antara lain adalah aplikasi yang lebih ringan tetapi cepat. Versi baru Messenger yang lebih cepat sekaligus ringan ini akan digulirkan pada 2019.

2. Nonton Video Berbarengan
Ke depannya, Messenger akan memungkinkan pengguna untuk menonton video dari Facebook secara bersama-sama dan real-time dengan pengguna lainnya.

3. Aplikasi Messenger untuk Desktop
Pengguna kerap ingin mengakses aplikasi dari berbagai perangkat. "Kami juga mengumumkan aplikasi Messenger untuk desktop. Kamu nanti bisa mengunduh aplikasi di dekstop baik Windows maupun MacOS," kata Sharma. ***Radinal

Subscribe to receive free email updates: