Pameran Foto Presidensi Indonesia Tampil di Markas PBB



New York, Info Breaking News– Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi pada hari Senin (6/5/2019) kemarin secara resmi membuka pameran foto di New York, Amerika Serikat (AS).

Pameran yang bertajuk "Menabur Benih Perdamaian" (Investing in Peace) tersebut dilakukan dalam rangka Presidensi Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB) di New York. Isinya menampilkan berbagai kegiatan diplomasi Indonesia dalam melakukan pembinaan perdamaian di berbagai negara.
Diketahui, Indonesia kini tengah memegang rotasi kepemimpinan di DK PBB. Hal tersebut akan berjalan selama satu bulan pada Mei 2019.
Pameran foto ini, menurut Retno, menjadi salah satu agenda utama dalam presidensi Indonesia di DK PBB. Diharapkan foto-foto yang terpampang dapat memperlihatkan perspektif perdamaian yang sejalan dengan tema sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB yaitu Menabur Benih Perdamaian.
"Perdamaian harus kita bangun, rawat dan jaga," kata Retno, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri hari Selasa (7/5/2019).
Retno menjelaskan perdamaian bukan hanya ditandai dengan tidak adanya perang, tapi juga kondisi dimana demokrasi, HAM dan pembangunan sama-sama diperjuangkan dan ditegakkan. Untuk itu, butuh upaya nyata untuk membangun dan memelihara wujud perdamaian.
Lebih lanjut Retno mengungkapkan sejauh ini diplomasi kemanusiaan dan kerja sama pembangunan yang dijalankan Indonesia memang diarahkan untuk membuahkan hasil nyata seperti terlihat dalam berbagai foto yang dipamerkan di markas besar PBB.
Pameran foto ini menampilkan dokumentasi atas tiga bentuk kontribusi Indonesia bagi perdamaian dunia. Pertama, demokrasi dan bina damai. Kedua, peran perempuan sebagai agen perubahan dan perdamaian, dan ketiga, kerjasama pembangunan.
Diantaranya menunjukkan kontribusi pasukan pemelihara perdamaian perempuan Indonesia, bantuan pelatihan Indonesia bagi negara-negara Pasifik, Afrika dan Palestina, serta bantuan kemanusiaan Indonesia di Myanmar.
Pameran foto oleh Indonesia terpasang pada dinding South Wall gedung markas besar PBB di New York ini akan berlangsung selama dua pekan yaitu tanggal 6-17 Mei 2019. Turut hadir pada resepsi pembukaan pameran foto ini adalah duta besar/wakil tetap negara sahabat negara anggota PBB termasuk anggota DK-PBB dan ASEAN. ***Novie Kusdarman

Subscribe to receive free email updates: