Isu Santet, Warga Bakar Rumah Papuk Sumiram dan Aniaya Keluarganya

Lombok Tengah, SN - Hari Selasa Tanggal 04 Februari 2020 sekitar pukul 20.00 wita merupakan hari yang naas bagi Papuk (Kakek) Sumeram dan keluarganya. Puluhan orang dari dusun Legu mendatangi rumah Kakek Sumeram, 60 tahun, Alamat Dusun Legu Desa Ganti Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah, NTB. Dia tinggal bersama anaknya beserta cucunya atas nama Inaq Alus dan Baiq Rianti. Masa datang tidak bermaksud baik namun warga datang untuk melakukan penganiayaan dan pengrusakan rumah dan bahkan dibakar milik korban. Mereka menduga bahwa Inaq Alus sebagai dukun santet.


Kronologis Kejadian yaitu pada hari Selasa tanggal  04 Februari 2020 Sekitar PKL 20.00 wita masa dari Dusun Legu menuju rumah korban dan melakukan penggeledahan dengan maksud mencari Kakek Sumeram dan Inaq Alus namun yang bersangkutan sudah mengamankan diri dan tidak berada di rumahnya. Masa kecewa dan meluapkan amarahnya dengan membakar rumah korban.

Tidak sampai disitu, masa kemudian melampiaskan kekesalannya kepada
Mania Kamaruddin dan Mamiq Suhirman yang merupakan Saudara Kakek Sumeram dengan melakukan penganiayaan. Padahal keduanya hanya ingin menghalangi aksi main bakar yang dilakukan warga serta menanyakan alasan membakar rumah saudara nya. Akibatnya Kamaruddin  mengalami luka robek di bagian kepala bagian samping kanan atas panjang 10 cm dengan 12 jahitan dan belakang kepala 10 cm dengan 10 jahitan di duga akibat benda tumpul dan Suhirman mengalami luka robek di samping kepala sebelah kanan panjang 8 cm dengan 4 jahitan dan kepala bagian atas panjang 1 cm dengan 1 jahitan dan pendarah telinga sebelah kanan dan hidung. Saat ini korban dirawat di Puskesmas Ganti.

Warga menduga korban telah mensantet seorang marbot Masjid bernama Mainsuro alias amaq Arya 50 tahun asal dusun yang sama hingga meninggal dunia akibat sakit perut dan membengkak.

Berdasarkan keterangan korban Kamaruddin pelaku yang melakukan penganiayaan terhadap dirinya antara lain Amaq Jahat,  Anak Semin, Amaq Desi,  Amaq Erun yang beralamat di Dusun Legu Desa Ganti Kecamatan Pratim. Lth02

Subscribe to receive free email updates: