PLN Beri Diskon Pelanggan 1.300 Dan 900 VA Nonsubsidi Mau Tau Caranya....

Add caption
Jakarta, Info Breaking News -  PT PLN bakal  beri diskon untuk pelanggan 1.300 & 900 VA nonsubsidi. Kabar gembira ini setelah PT PLN (Persero) memberikan stimulus listrik gratis dan token listrik gratis tiga bulan selama pandemi Virus Corona (COVID-19).
Diketahui usulan terkait dengan diskon listrik pelanggan 1.300 VA dan 900 VA Nonsubsidi terus dikaji manajemen PLN hingga saat ini.
Dalam artikel ini Anda juga bisa menyimak cara mendapatkan token listrik gratis melalui www.pln.co.id atau chat WhatsApp 08122123123.
Seperti diketahui pelanggan PLN dengan daya 450 VA mendapatkan token listrik gratis sementara pelanggan subsidi 900 VA mendapatkan diskon 50 persen.
Terbaru, pemerintah tengah mempertimbangkan subsidi bagi pelanggan 900 VA non-subsidi dan 1.300 VA. Telah di bahas di pihak direksi PLN.
Rencana memberikan keringanan untuk pelanggan PLN 900 VA nonsubsidi dan 1.300 VA diungkapkan oleh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.
Hal ini menyusul banyak kritik dan saran yang ditujukan ketika PLN memutuskan memberi diskon dan token listrik gratis untuk pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA.
"Kami terus memonitor pelanggan rentan yang menggunakan listrik golongan 900 VA nonsubsidi dan 1.300 VA," kata Zulkifli dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) virtual dengan DPR RI.
Lebih lanjut, Zulkifli menyebut, rata-rata biaya tagihan listrik yang dibayar oleh pelanggan golongan 900 VA nonsubsidi sebesar Rp190.000 per bulan.
Sedangkan biaya tagihan listrik pelanggan golongan 1.300 VA rata-rata mencapai Rp450.000 per bulan. PLN pun baru bisa memperoleh gambaran mengenai pelanggan-pelanggan mana saja yang akhirnya terdampak Covid-19pada 20 April.
Pasalnya, tanggal 20 di setiap bulan merupakan batas akhir pembayaran tagihan listrik PLN.
"Kalau sudah 20 April kita bisa tahu berapa banyak pelanggan 900 VA dan 1.300 VA yang betul-betul kesulitan membayar listrik. Nanti akan kami bagikan datanya," ujar Zulkifli.
Data tersebut nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi PLN yang tentunya berkoordinasi dengan pemerintah untuk kelanjutan kebijakan keringanan tarif listrik.
Namun demikian, Zulkifli mengakui kondisi saat ini belum memungkinkan bagi PLN untuk memperluas insentif tarif listrik dalam skala besar dengan menyasar pelanggan sektor bisnis dan industri.
"Kalau insentif skala besar, sudah pasti PLN tidak akan mampu melaksanakannya karena balance sheet kami tidak bisa," ucap Zulkifli.
Selain itu, PLN juga menyalurkan bantuan senilai Rp 10,2 miliar untuk penanggulangan Covid-19di Indonesia.
"Sebagai perusahaan BUMN, tentu kami ingin hadir untuk turut serta membantu menangani Covid-19 yang sedang mewabah di Indonesia.
Semoga upaya yang kami lakukan ini dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia," ujar Direktur Human Capital Management PLN Muhammad Ali, dilansir dari Kompas.com dalam artikel `Penanggulangan Corona, PLN Sumbang Rp 10,2 Miliar`
Bantuan yang disalurkan melalui Kementerian BUMN antara lain, 6.002 baju hazmat, 19.573 masker, 22.624 sarung tangan, 30 kaca mata, 190 pelindung wajah (face shield), 1.700 penutup kepala, 1.948 liter hand sanitizer, 30 jerigen disinfektan, 3 buah thermogun, serta 70 paket lengkap Alat Pelindung Diri (APD).
"Tahap ini memang kami prioritaskan untuk APD dan keperluan rumah sakit, karena mereka merupakan garda terdepan penanganan Covid-19ini.
Para tenaga medis yang berjuang di rumah sakit untuk mengobati para pasien harus kita dukung dengan membantu menyediakan perlengkapannya," kata Ali.
Bantuan yang diberikan merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh Tim Manajemen Krisis Covid-19 PLNkepada mitra kerja PLN.
"Melihat besarnya sebaran Covid-19 ini, kami berinisiatif untuk mengajak mitra kerja sinergi mengumpulkan bantuan, jadi ini sifatnya tidak mengikat. Syukur, bantuan yang terkumpul cukup banyak," kata Ali.
Selain bantuan berupa barang, mitra kerja PLN, PT Sumber Segara Primadaya juga telah memberikan bantuan sebesar Rp 10 Miliar yang telah disalurkan melalui Yayasan BUMN Hadir untuk Negeri untuk membantu penanganan Covid-19.
Klaim token listrik gratis bermasalah? Ini Cara Mengatasinya
Masih bingung atau bermasalah saat melakukan klaim token listrik gratis di www.pln.co.id & Whatsapp (WA) 08122-123-123?
Tak perlu khawatir, ada cara cepat untuk berkonsultasi ke pihak PLN agar masalahmu terselesaikan.
Seperti diketahui, PT PLN (Persero) menggratiskan listrik bagi pelanggan daya 450 VA serta diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA untuk warga tidak mampu disaat wabah virus corona (Covid-19).
Namun, di antara pelanggan mungkin masih ada yang bingung atau bermasalah saat melakukan klaim token listrik gratis di www.pln.co.id & Whatsapp (WA) 08122-123-123.
Melansir dari unggahan Twitter @pln_123, pelanggan bisa berkonsultasi ke PLN dengan cepat melalui Virtual Assistant PLN 123.
Virtual Assistant PLN 123 ini lebih praktis dan mudah dibandingkan menghubungi ke PLN 123 & PLN Mobile.
Caranya cukup mudah, yakni:
1. Buka www.pln.co.id
2. pilih menu Web Korporasi PLN di bagian kiri.
3. Lalu pilih Virtual Assistant PLN 123.
Melalui menu ini, kamu bisa berkonsultasi dengan PLN dan pastinya cepat dijawab.
"Hi Electrizen tetep bs menghubungi PLN secara online melalui media chat PLN 123. Cukup akses via website http://pln.co.id pilih list Web Korporasi PLN. Jadi, selain menghubungi ke PLN 123 & PLN Mobile bisa gunakan Virtual Assistant PLN 123 ini agar lebih praktis dan mudah" tulis Twitter @pln_123.
Pembaruan data pelanggan
Sementara itu, pada Sabtu (11/4/2020) kemarin adalah hari terakhir pembaruan data pelanggan penerima token gratis dari pemerintah.
Hari ini adalah hari terakhir pembaruan data penerima token gratis dari PLN, meski begitu terdapat masyarakat yang masih belum mendapatkan token gratis
Arwani (34) adalah seorang contoh pelanggan golongan 450 VA yang belum mendapatkan token listrik gratis.
"Saya pelanggan prabayar 450 VA dan sampai sekarang masih belum mendapatkan token gratis," Kata Arwani seperti dikutip oleh Kompas.com dalam artikel dengan judul "Belum Semua Pelanggan Listrik 450 VA Dapat Token Gratis" Rabu (8/4/2020).
Arwani mengaku sudah mencoba mengklaim token listrik gratis melalui WhatsApp. Ia bahkan sudah mengikuti tata cara klaim token yang diberikan PLN.
Namun, PLN merespons token listrik gratis untuk Arwani belum tersedia.
"Mohon maaf token kompensasi Anda belum tersedia dan akan dipebaharui secara bertahap paling lambat 11 April 2020," balas PLN.
Arwani mengaku sudah kembali mencoba mengklaim token gratis sampai dengan Rabu (8/4/2020) sore, namun balasan PLN masih sama.
Untuk diketahui, Kebijakan listrik gratis selama 3 bulan telah ditetapkan oleh presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020.
Perppu ini berisi mengenai pemberian keringanan pembayaran listrik bagi pengguna listrik dengan daya 450VA dan 900VA bersubsidi.
Adapun, listrik yang akan digratiskan terhitung dari bulan April, Mei, dan Juni 2020.
Seperti diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020, pelanggan yang bisa mendapat keringanan ini adalah masyarakat miskin yang menggunakan listrik dengan daya 450 VA dan 900 VA.
Sebanyak 24 juta pengguna listrik 450 VA akan dibebaskan sepenuhnya dari biaya tagihan listrik selama 3 bulan, terhitung untuk bulan April, Mei, dan Juni.
Selain itu 7 juta pelanggan listrik PLN 900 VA akan mendapatkan keringanan berupa subsidi 50 persen untuk biaya di 3 bulan yang sama.
Klaim token gratis dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui chat whatsapp ke nomor 08122-123-123 atau melalui website resmi PLN, yaitu pln.co.id.
Berikut cara mendapatkan token listrik gratis dari PLN
1. Cara klaim via layanan.pln.co.id
Tampilan website PLN www.pln.co.id untuk mendapatkan token listrik gratis, stimulus dampak Virus Corona (Covid-19). (www.pln.co.id)
- Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
- Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
- Pelanggan tinggal memasukkan token listrik gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Tampilan website PLN www.pln.co.id untuk mendapatkan token listrik gratis, stimulus dampak Virus Corona (COVID-19). (www.pln.co.id)
Apabila cara klaim dengan Whatsapp sudah kembali bisa digunakan, anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut:
2. Cara klaim via WhatsApp 08122-123-123:
- Buka aplikasi WhatsApp.
- Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID pelanggan.
Token gratis akan muncul.
- Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.
- Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.
3. Cara dapat token listrik gratis
Setelah mendapat token listrik gratis, langkah selanjutkanya adalah mengisi nomor token listrik ke meteran.
Berikut ini langkah-langkahnya:
- Tekan nomor token listrik gratis yang kamu dapatkan
- Setelah semua nomor ditekan, lanjutkan dengan memencet tanda enter yang terletak di bawah sebelah kanan.
- Jika muncul tulisan "Benar" maka kamu sudah berhasil
- Jika muncul tulisan "Salah" maka ulangi lagi memasukkan nomor dengan teliti.
Nantinya, jika kamu sudah benar memasukkan nomor token, nantinya saldo akan masuk secara otomatis *** Any Christmiaty J

Subscribe to receive free email updates: