Jokowi: Semua Bantuan Sosial Harus Diterima Masyarakat Minggu Ini



Bogor, Info Breaking News – Presiden RI Joko Widodo mendesak jajarannya untuk bergerak lebih cepat dalam menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat.

Jokowi meminta program jaring pengaman yang efektif dalam membagikan bantuan sosial agar bisa terealisasi dengan baik dan benar-benar sampai ke tangan masyarakat yang membutuhkan.

"Mengenai PKH, paket sembako, bansos tunai, BLT, dana desa itu sudah berjalan, tapi saya minta kecepatan agar bansos ini sampai di tangan keluarga penerima betul-betul semakin cepat diterima semakin baik," ujar Jokowi di sela-sela rapat terbatas di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (4/5/2020).

Jokowi menargetkan semua masyarakat akan menerima bantuan pada Minggu ini. "Saya minta Minggu ini semua bantuan sudah diterima warga," tegasnya.

Oleh karena itu, ia pun meminta agar Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara serta seluruh kepala daerah untuk segera menentukan lokasi mana saja yang masyarakatnya miskinnya belum mendapatkan bantuan.

Presiden Jokowi juga tak lupa menggaungkan pentingnya transparansi terkait bantuan ini. Dia meminta agar data dibuka transparan sehingga tidak menimbulkan kecurigaan di antara warga.

"Saya juga minta agar data penerima bansos dibuka secara transparan, siapa yang dapat kriterianya apa, jenis bantuannya apa sehingga jelas tidak menimbulkan kecurigaan-kecuringaan dan kita bisa segera membuat koreksi di lapangan," katanya.

Selanjutnya, ia menyampaikan agar masing-masing pihak terkait untuk dapat memanajemen waktu dengan baik.

"Tadi sudah saya sampaikan soal persoalan timing yang betul-betul harus harus dikelola dengan baik karena ada bantuan dari pusat, dari daerah dan dari desa," tambahnya.

Jokowi juga menyarankan agar jajarannya membuka hontline pengaduan dalam program jaring pengamanan bantuan sosial ini. Dengan begitu, jika terjadi penyimpangan, maka masyarakat bisa langsung melapor dan mendapatkan penanganan.

‎"Terakhir saya minta dibuat hotline pengaduan sehingga apabila menemukan penyimpangan-penyimpangan bisa kita bisa ketahui secara cepat," pungkasnya. ***Samuel Art

Subscribe to receive free email updates: