Pertama Kalinya Sejak Januari 2020, Tiongkok Laporkan Nol Kasus Covid-19



Beijing, Info Breaking News – Untuk pertama kalinya sejak Januari 2020 lalu, Tiongkok hari Sabtu (23/5/2020) melaporkan nol kasus Covid-19.

Virus corona diketahui muncul pertama kali di pusat kota Wuhan, Tiongkok akhir tahun 2019. Puncak wabah di Tiongkok sendiri terjadi pada pertengahan Februari 2020, namun sejak itu jumlah kasusnya telah berangsur-angsur turun ketika negara itu mampu mengendalikan sebagian besar Covid-19.

Korban tewas resmi di negara berpenduduk 1,4 miliar orang itu mencapai 4.634, di bawah jumlah korban jiwa di negara-negara kecil.

Meski begitu, masih banyak pula pihak yang tetap meragukan angka-angka dari Tiongkok, salah satunya Amerika Serikat (AS). AS memimpin negara-negara yang mempertanyakan informasi yang dibagikan Beijing pada komunitas internasional.

Pencapaian nol infeksi ini terjadi sehari setelah pembukaan parlemen Tiongkok, Kongres Rakyat Nasional. Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan Tiongkok membuat pencapaian strategis utama memerangi Covid-19. Namun dia memperingatkan Tiongkok masih menghadapi tantangan besar.

Sebelumnya, pada awal merebaknya wabah corona pihak berwenang di Wuhan mendapat kecaman karena membungkam para dokter yang pertama kali mengkhawatirkan virus tersebut akhir tahun lalu. Namun, Beijing dengan keras membantah tuduhan menutup-nutupi. Beijing bersikeras bahwa pihaknya selalu berbagi informasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan negara-negara lain secara tepat waktu.

Sejak pertama kali muncul di Wuhan, virus telah menyebar ke seluruh dunia, membunuh lebih dari 335.000 jiwa. ***Nadya

Subscribe to receive free email updates: