Rocky Gerung: Logika Pemerintah Ngaco

Rocky Gerung

Jakarta, Info Breaking News – Filsuf Universitas Indonesia Rocky Gerung mengatakan semakin meluasnya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia merupakan akibat dari buruknya kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Saya menganggap virus ini (Covid-19) di Indonesia tidak ditularkan secara alami seperti pada gagang pintu, dan lain-lain. Virus ini ditularkan oleh kebijakan pemerintah yang buruk, sehingga mempercepat penyebaran virus," katanya dalam sebuah diskusi virtual bersama pengamat politik Hendri Satrio dan Ketua IDI, Daeng M. Faqih, Rabu (6/5/2020).

Rocky mengomentari bahwa kebijakan yang selama ini diterapkan oleh pemerintah tak memiliki landasan kuat untuk benar-benar mengatasi bahkan untuk mencegah penyebaran virus.

"Kebijakan buruk ini berlanjut sampai sekarang. Asumsi-asumsi yang dilakukan pemerintah juga tidak berlandaskan data yang kuat," tambahnya.

Lebih lanjut, ia juga turut mengkritisi relaksasi atau pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diwacanakan Menko Polhukam, Mahfud MD. Ia menilai langkah tersebut sangat tidak pantas dilakukan di tengah pandemi seperti sekarang ini.

"Turunnya pasien virus bisa terjadi kalau rakyat di-freeze. Logikanya pemerintah ini ngaco, dia mendatangkan alat deteksi tapi melakukan relaksasi atau memperlonggar peluang penyebaran virus," tegasnya. ***Sam Bernas

Subscribe to receive free email updates: