Jokowi Ajak Seluruh Lapisan Masyarakat Berjuang Hadapi Covid-19



Jakarta, Info Breaking News – Presiden Joko Widodo mengajak seluruh penyelenggara negara baik dari pusat maupun daerah untuk membantu masyarakat yang terkena dampak wabah Covid-19.

"Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai daerah untuk meneruskan keberpihakan kita kepada masyarakat yang sedang dalam kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama serta untuk memenuhi kewajiban kita untuk melindungi seluruh tumpah darah indonesia," kata Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara Hari Kelahiran Pancasilayang dilakukan secara daring dari Ruang Garuda, Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6/2020).

Ia juga mengajak seluruh elemen bangsa dari Sabang sampai Merauke dari Miangas, sampai Pulau Rote, untuk terus-menerus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan. Ia meminta masyarakat saling membantu, saling menolong dan saling bergotong-royong serta selalu optimis bahwa Indonesia adalah bangsa pemenang dalam menghadapi segala tantangan menghadang.

Jokowi mengakui hingga kini masih banyak kekurangan dan kelemahan yang berada di depan untuk menjadikan bangsa Indonesia maju. Namun, ia berharap agar kekurangan dan kelemahan menghalangi keinginan Indonesia untuk maju tetapi justru harus dijadikan momentum memperbaiki diri dan perubahan sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan mandiri.

Tantangan yang harus dihadapi Indonesia tahun ini tidaklah mudah. Bahkan, bukan tidak mungkin situasi lebih sulit harus dihadapi Indonesia tahun depan. Daya juang masyarakat sebagai bangsa, katanya, sangat diperlukan dalam mengatasi kondisi saat ini.

"Kita tidak sendirian 215 negara di dunia berada dalam kondisi seperti kita, semua dalam kesulitan tapi kita juga harus menyadari semua negara tengah berlomba-lomba untuk menjadi pemenang. Menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya," paparnya.

Karena itu, lanjutnya, sebagai bangsa yang besar, masyarakat juga harus tampil sebagai pemenang. Untuk menjadi bangsa pemenang melawan Covid-19, masyarakat Indonesia tetap harus optimistis dalam menciptakan peluang di tengah kesulitan. Bangsa Indonesia harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata. Bangsa Indonesia tidak boleh berhenti berkreasi, berinvoasi dan berprestasi di tengah pandemi ini.

"Mari kita buktikan ketangguhan kita, mari kita menangkan masa depan kita, kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air, mari memperkokoh persatuan, mari kita peduli dan berbagi untuk sesama, mari kita tunjukkan bahwa kita bangsa yang kuat bukan hanya mampu menghadapi tantangan tapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi lompatan kemajuan," tuturnya.

"Selamat hari lahir Pancasila, selamat hari lahir Pancasila, selamat hari lahir Pancasila, Mari kita selalu bersatu saling peduli dan selalu berbagi untuk kemajuan negeri kita tercinta ini," tutup Jokowi. ***Samuel Art

Subscribe to receive free email updates: