Plt Khawatir Partisipasi Pemilih di Jepara Rendah

Plt Khawatir Partisipasi Pemilih di Jepara Rendah
Plt Bupati Jepara Ihwan Sudrajat memberikan paparan saat sosialisasi soal Pilkada di KPU Jepara.( Foto : suaramerdeka)
JEPARA, panturaNews.info  -  Pelaksana tugas (Plt) Bupati Jepara Ihwan Sudrajat khawatirkan rendahnya partisipasi masyarakat Jepara dalam Pilkada Jepara 2017. Pasalnya, rata-rata partisipasi masyarakat dalam kontestasi politik lokal itu hanya 65 persen.

Hal itu disampaikan Ihwan saat sosialisasi Pilkada 2017 kepada stakeholder dan pengemuka pendapat yang diselenggarakan KPU Jepara, Selasa (1/11), di Kantor KPU Jepara. Hadir dalam sosialisasi itu perwakilan Ormas, tokoh agama dan masyarakat.

Majunya calon petahana dalam Pilkada Jepara, kata Ihwan, bisa jadi membuat partisipasi masyarakat rendah. Sebab di satu sisi warga Jepara sudah merasakan kepemimpinan dari calon petahana.

"Bisa jadi partisipasi nanti di bawah 65 persen. Sebab calonnya incumben (petahana). Maka kita dorong KPU Jepara untuk terus melakukan sosialisasi. Kami dukung penuh penyelenggaraan Pilkada oleh KPU," tegas Ihwan.

Lebih lanjut dikatakan Ihwan, target partisipasi masyarakat Jepara sebanyak 77,5 persen merupakan target tinggi meski sangat mungkin bisa terjadi. Menurutnya, tingkat partisipasi di atas 70 persen saja sudah tergolong bagus.

Menurut Ihwan, KPU harus memanfaatkan berbagai forum kemasyarakatan dalam mensosialisasikan Pilkada Jepara. Ihwan juga meminta warga Jepara agar memilih pemimpin sesuai nalar logis. Tidak tergoda oleh iming-iming politik uang.

"Saya tahu orang Jepara orang pinter. Buktinya kayu gelondongan bisa jadi produk mebel beranekaragam. Maka dalam Pilkada akan rasional. Tak akan menerima uang begitu saja tanpa nalar," tambahnya. (SMNetwork)

Subscribe to receive free email updates: