Perpusda Loteng Siap Tampil Beda


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com.
Jajaran Perpustakaan Daerah (Perpusda) Lombok Tengah terus berbenah. Kepala Bidang Arsip Perpusda Lombok Tengah, HM.Azim mengatakan, yang dilakukan saat ini masih fokus pada penataan ruang baca, termasuk buku-buku bacaan. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kunjungan dan minat baca masyarakat.

Jika melihat perkembangan selama ini, menurutnya kunjungan perpustakaan terus meningkat.  Tahun 2016, kunjungan ke Perpustakaan Lombok Tengah mencapai 13.000 kunjungan.  Namun jika dilihat dari penduduk Lombok Tengah yang mencapai 1,5 juta jiwa, jumlah tersebut tentunya masih minim.  Hal tersebut mengharuskan perpustakaan tampil beda, terlebih dengan peningkataan status kelembagaan Perusda dan perkembangan Lombok Tengah saat ini.

Berbagai inovasi dan trobosan sudah dirancang. Kedepan, Perpustakaan akan disulap menjadi sarana rekreasi yang akan dilengkapi berbagai fasilitas, seperti home teater, internet gratis fasilitas penunjang lainnya. Bahkan bila perlu lanjut H.Azim, Perpustakaan akan dilengkapi dengan cafee, lengkap dengan fasilitas pendukung, sehingga masyarakat akan betah berlama lama di perpustakaan.

Hal tersebut akan didukung dengan penyelenggaraan berbagai, seperti story teling, lomba pustakawan dan lainnya. Begitu juga dengan koleksi buku bacaan, terus ditambah secara bertahap.

Saat ini, pihaknya tengah mendata penerbit buku lokal. Sesuai amanat undang-undang, setiap penerbit buku lokal wajib menyerahkan contoh buku hasil terbitannya ke perpustakaan daerah, sebagai upaya pemerintah dalam melestarikan buku-buku bacaan yang memuat kearifan lokal. 
" Buku-buku yang memuat kearifan lokal harus kita lestarikan.  Yang jelas nanti perpustakaan tidak lagi fokus pada fungsi pendidikan, tapi juga bisa menjadi sarana rekreasi dan pelestarian budaya," jelasnya.

Begitu juga dengan sumberdaya para pustakawan, akan terus ditingkatkan.  Untuk itu pihaknya mengajak semua pihak untuk memajukan perpustakaan, demi Lombok Tengah yang lebih baik. |wis

Subscribe to receive free email updates: