Kunjungi, Holtipark Karang Sidemen Wisata Education Dan Agro



Lombok Tengah, sasambonews.com- Hortipark merupakan suatu area pengembangan hortikultura yang didesain secara multifungsi untuk melestarikan lingkungan, menciptakan, melanjutkan dan mempercepat terbentuknya kawasan yang berfungsi sebagai taman kota, interaksi sosial, edukasi dan fungsi ekonomi yang dikelola secara terintegrasi oleh pemerintah, masyarakat dan pihak swasta dengan luasan ideal direkomendasikan minimal 5 ha atau luasan tertentu yang terintegrasi disesuaikan dengan potensi daerah. Hortipark merupakan salah satu alternatif pengungkit untuk mewujudkan pembangunan kawasan hortikultura yang utuh dan terintegrasi.


Secara historis Kegiatan Horti Park merupakan proyek Kementeri Pertanian RI dilaksanakan sejak Tahun 2012 meliputi Provinsi Kalimantan Barat (Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Kubu Raya), Provinsi DI. Yogyakarta (Kabupaten Gunung Kidul). Pada Tahun 2014 lokasi kegiatan Horti Park di 3 (tiga) tempat yaitu Provinsi Lampung (Kabupaten Lampung Selatan),Jawa Barat (Kota Cirebon),  dan  Provinsi Nusa Tenggara Barat (Kabupaten Lombok Tengah), wiilayahHorti Park yang sudah berjalan dan tercatat sebagai Horti Park terluas di Indonesia adalah Horti Park Tastura di Dusun Persil Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.
Desa Karang Sidemen sebagai tempat wilayah Horti Park berjarak 7 km dari pusat pemerintahan kecamatan (Batukliang Utara), 22 km dari pusat pemerintahan kabupaten (Praya), dan 24 km dari pusat pemerintahan provinsi (Mataram) dengan tingkat aksesibilitas cukup lancar dan dilalui jalan aspal.Tanah di wilayah Karang Sidemen termasuk dalam grup Vulkan yaitu lereng vulkan bawah dengan jenis tanah entisol. Memiliki sumber daya lokal yang cukup untuk mendukung pertanian yang integratif antara lain bambu, berbagai komoditas hortikultura, ternak sapi yang dipelihara dalam kandang kolektif yang menghasilkan limbah padat maupun cair yang sangat baik ebagai bahan pembuatan kompos dan bio urine..
Desa Karang Sidemen tergolong dalam pola IIIA, yaitu total curah hujan 2000 – 3000 mm per tahun dengan bulan kering kurang dari 6 bulan dan bulan basah kurang dari 6 bulan (Atlas Sumber Daya Iklim Indonesia, 2003). Daerah tersebut memiliki curah hujan tertinggi di Kabupaten Lombok Tengah dengan rata-rata 2.036 mm per tahun. Wilayah ini dilalui saluran irigasi sekunder yang membentang  dari utara ke selatan yang mengalir sepanjang tahun. (BPTP Prov NTB)
Selain komoditas tanaman, masyarakat di karang sidemen juga memelihara berbagai jenis ternak seperti sapi, itik, entok dan ayam. Keberadaan ternak khususnya ternak sapi yang dipelihara dengan sistem kandang kolektif banyak menghasilkan limbah yang selalu diolah menjadi kompos sebagai media yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Perkembangan ternak unggas cukup pesat dengan tersedianya mesin tetas yang berproduksi baik. Namun pada awal 2013 populasi unggas menurun drastis karena terjadi wabah penyakit yang menyebabkan kematian lebih dari 70%. Hingga saat ini sekitar 20% anggota yang masih memiliki ternak unggas dengan populasi sekitar 10-15 ekor per KK.
Horti ParkTasturadilounching / diresmikan pada tanggal 13 Desember 2014 ini memiliki luasan 150 ha.(Luasan yang dikelola baru 100 ha, 70 Ha di wiayah karang sidemen dan sisanya di Desa Lantan)

Bupati Lombok Tengah ketika  melaunching"Horti ParkTastura"  yang merupakan salah satu dari lima Horti Park di Indonesia yang merupakan kawasan Horti Park terluas, menegaskan bahwa pembangunan dan pengembangan Horti ParkTasturamerupakan upaya percepatan pembangunan wilayah khusus pertanian subsektor hortikultura di wilayah Kabupaten Lombok Tengah,  mengingat sektor pertanian (Agriculture) merupakan salah satu sektor prioritas utama pembangunan selain sektor Paraiwisata (Tourism) dan sektor perikanan laut (Marine). Tiga sektor ini diupayakan dapat bersenergi satu sama lainya, dalam perkembangan selanjutnyasinrgi 3 prioritas pembangunan di Lombok Tengah lebih dikenal dengan pembangunan berbasis "ATM"  (Agriculture-Tourisme-Marine)

Ke depan kata Bupati, kawasan Horti Park Tastura diharapkan akan menjadi suatu kawasan kebun hortikultura yag memiliki multifungsi, diantaranya contoh penerapan GoodAgriculturalPractie(GAP), pusat penangkaran benih dan bibit hortikultura, pusat pemberdayaan kelembagaan hortikultra, edukasi, pusat wisata (agrowisata) dan pusat produksi aneka jenis komoditas hortikultura. Keberadaan Horti ParkTastura diharapkan dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat disekitar kawasan dan mempunyai multiplayereffect kepada masyaakat lainya khusunya di Kabupaten Lombok Tengah
Hortipark dapat menjadi salah satu "ecotourism" yang bernuansa alam dan menumbuhkan rasa kepedulian akan lingkungan. Semua taman dalam konsep Horti Park ditata menjadi konsep kebun, konsep backtonature dengan nuansa alam tropis Indonesia.

Komoditi hortikultura untuk hortipark mengacu pada pertimbangan ekonomis, kesesuaian agroekosistem dan agroklimat serta preferensi pasar dan peluang pasar produk segar dan olahannya.

Output yang diharapkan dalam pengembangan Horti Park tastura salah satunya adalah Terwujudnya kebun hortikultura untuk buah, sayuran, tanaman obat dan florikultura dalam satu kawasan dengan managemen yang profesional dan integrative.
Dalam perencana awal pengembangan HortiPark tahap Awal seluas 100 hektar rencana pengembangnya dibangun beberapa blok sebagai pembatas kawasan antara satu tanaman dengan jenis tanaman lainya. Kawasan Blok A sluas 70 Hektar ditanami beberapa jenis buah-buahan seperti Manggis, Durian, Pepaya, nangka, Jambu Kristal, srikaya dan Pisang. Kawasan Blok B seluas 20 hektar ditanami sayur-sayuran seperti Cabe rawit, cabe besar, tomat, kacang panjang, terong jagung, sawi, buncis dan pakis. Kawasan Blok C seluas 10 hektar ditanam bunga seperti anggrek, anglomena, jenis pakis-pakisan, pisang-pisangan, antrium dan krisan
Wilayah yang digunakan di desa karang sidemen merupakan wilayah HGU yang luasnya +350 Hektar, peruntukannya baru 25-30 persen unutk areal Horti Park, dan luasan untuk pengembanganya masih sangat terbuka. Dibutuhkan komitmen semua elemen unutkmensukseskan pembangunan dan pengembangan kawasan Horti Park Tastura dimasa yang akan datang. am

Subscribe to receive free email updates: