Tingkat Nilai Kepedulian Antar Sesama ,Siswa Didik SDN TONGAS WETAN 1 Ajak Siswa Berkurban Di Hari Idul Adha

Penulis : Dimaz Akbar


Probolinggo,KraksaanOnline.com – Sebagai upaya memberikan pembelajaran kepada anak didik untuk bersedekah dan berbagi dengan sesama sejak dini, SDN Tongas Wetan 1 Kecamatan Tongas melakukan penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian daging kurban, Sabtu (2/9/2017) pagi.

Tahun ini, jumlah kambing yang disembelih mencapai 11 ekor. Terdiri dari, 3 ekor dari dewan guru dan 8 ekor berasal dari siswa atas partisipasi wali murid melalui komite sekolah sebagai sarana untuk belajar berkurban.

Kepala SDN Tongas Wetan 1 Maini Yudiningsih mengungkapkan penyembelihan hewan kurban ini istiqomah dilakukan sejak tahun 2010 lalu. Setiap tahun jumlahnya selalu meningkat. Tahun 2010 sebanyak 2 ekor, 2011 sebanyak 3 ekor, 2013 sebanyak 5 ekor, 2014 sebanyak 6 ekor, 2015 sebanyak 7 ekor dan 2016 sebanyak 9 ekor. "Khusus tahun 2012 kami tidak mengadakan karena sekolah sedang direnovasi, "katanya.

Menurut Maini, kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan membangun rasa ikhlas dalam bersedekah dan berbagi dengan sesama sebagaimana yang sudah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail as.

"Implementasinya terhadap pendidikan, guru-guru ingin membangun pendidikan karakter baik di dalam maupun luar kelas. Mulai dari sebelum atau sesudah pembelajaran," jelasnya.

Dengan anak didik terlibat langsung jelas Maini, maka akan membangun rasa keikhlasan sejak dini. Sesuai hasil rapat bersama komite dan wali murid, maka besaran nominal tidak disebutkan agar memberikan kesempatan bagi yang ingin benar-benar belajar bersedekah, terangnya.

Dari hasil penyembelihan tersebut terkumpul daging kurban sebanyak 220 kantong plastik masing-masing seberat 5 ons. Terdiri dari daging 3 ons ditambah tulang dan jeroan 2 ons.

"Selanjutnya daging ini disalurkan oleh siswa sesuai dengan data yang sudah dicarinya sendiri, baik yang anak sekolahnya maupun tidak. Meliputi, wilayah Desa Tongas Wetan (Medo'an, Krajan, Pendem dan Bandar Angin), Curahdringu, Tongas Kulon (Krajan Utara, Krajan Selatan dan Krajan Barat, "tambahnya.

Melalui kegiatan ini Maini mengharapkan agar anak didiknya mampu belajar bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Disamping juga mampu membangun sifat sosialnya di tengah-tengah masyarakat dan tidak ada sifat sombong." Dari kegiatan ini terjalin silaturahim secara tidak langsung, "pungkasnya.


Kegiatan ini diawali sekitar pukul 06.00 WIB dengan penampilan hadrah Al Banjari Nurul Anwar Desa Tongas Wetan Kecamatan Tongas. Dimana personilnya merupakan para alumni dari SDN Tongas Wetan 1. Penyembelihan hewan kurban sendiri dilakukan mulai pukul 06.45 WIB. Kemudian dilakukan pembacaan tahlil dan sholawat Nabi Muhammad SAW bersama-sama. (maz)

Subscribe to receive free email updates: