Korut: Jepang Jangan Banyak Intervensi



Jenewa, Info Breaking News – Denuklirisasi Semenanjung Korea menjadi salah satu topik yang diperbincangkan dalam konferensi yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss.

Dalam kesempatan tersebut, diplomat Korea Utara Ju Yong-chol mengultimatum Jepang agar menahan diri dalam perundingan denuklirisasi Semenanjung Korea. Menurutnya, Jepang tak seharusnya banyak melakukan intervensi terkait isu tersebut.

"Jepang harus menahan diri untuk tidak intervensi dalam denuklirisasi Semenanjung Korea," kata Ju, dikutip dari Strait Times, Rabu (27/6/2018).

Pernyataan tersebut ia sampaikan setelah sebelumnya perwakilan Jepang dalam konferensi tersebut mendesat Korut untuk melaksanakan kesepakatan yang telah dibuat dengan Amerika Serikat (AS) tentang denuklirisasi. Tak hanya itu, Jepang juga menginginkan adanya kerja sama yang lebih erat antara Korea Selatan dengan AS mengenai denuklirisasi tersebut.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sendiri menyatakan negaranya siap untuk membayar inspeksi Badan Energi Atom Internasional tentang denuklirisasi Korut dengan syarat dimana masalah penculikan warga Jepang yang dilakukan Korut sudah harus diselesaikan. ***Nadya

Subscribe to receive free email updates: