Empat Desa Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

Lombok Tengah, sasambonews.com- Hujan yang mengguyur Lombok Tengah secara terus menerus yang terjadi sejak kemarin membuat sejumlah desa di Kabupaten Lombok Tengah. Sedikitnya 4 desa di wilayah Kecamatan Praya Timur dan Pujut tergenang diantaranya Desa Beleka, Desa Ganti, Desa Kidang dan Desa Bangket Parak Kecamatan Pujut.


Kepala BPBD Kabupaten Lombok Tengah H.Muhammad mengatakan rumah yang tergenang adalah rumah yang berada di pinggir kali. Ketinggian air mencapai 1 meter.
Rumah warga di Beleka Terendam 
Saat ini warga yang terendam luapan air kali telah mengungsi di masjid ataupun  disanak keluarga untuk sementara waktu
 "Kalau hanya tergenang tidak lama, beberapa jam sudah surut" jelasnya.

Kendati demikian, BPBD sendiri sudah mengirimkan logistik kepada pengungsi berupa makanan, alas tempat tidur dan lain sebagainya.

Sampai saat ini pihaknya masih menunggu laporan dari desa maupun anak  buah nya terkait dengan jumlah rumah yang tergenang ataupun yang mengalami kerusakan. "Sedang didata kerugian masyarakat akibat tergenang" ungkapnya.

Menurut laporan, penyebab banjir akibat dari adanya penyumbatan kali akibat sampah dan kayu. Disamping itu terjadi pengendapan atau pendangkalan pada kali sehingga air meluap. "Kita sudah usulkan untuk normalisasi kali sebesar Rp. 30 milyar ke pusat namun belum ada tanggapan" jelasnya. Am

Subscribe to receive free email updates: