Kini, Gaji Pilot Indonesia Hampir Setara dengan Singapura dan Malaysia



Jakarta, Info Breaking News – Jika dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia, kini pendapatan atau gaji pilot di Indonesia sudah tidak jauh berbeda.

Hal tersebut disampaikan oleh Ikatan Pilot Indonesia (IPI). Ketua IPI, Capt Iwan Setyawan menjelaskan hal ini dikarenakan faktor pasar penerbangan di tanah air yang kini terhitung cukup baik.

"Saya ingin mengatakan bahwa salary pilot menurut saya sudah cukup baik untuk regional kita. Artinya kan ada pasar, mungkin Singapura, Malaysia, Indonesia. Nah differensiasi ini bagi Indonesia sudah tidak terlalu jauh dengan mereka," katanya, Selasa (25/6).

Meskipun gaji yang diperoleh pilot Indonesia saat ini mungkin belum ideal, Capt Iwan menyebut pihaknya tak terlalu ambil pusing.

"It's not a big problem for us. Karena masing-masing (maskapai) punya variabelnya. Mungkin di tempat kerja A ada variabel lain, tempat kerja B ada fasilitas lebih baik, sehingga masing-masing ya damai-damai saja lah," ujar dia.

Kini, fenomena pilot Indonesia hijrah ke luar negeri karena pendapatannya kecil sudah tidak terjadi lagi.

"Itu kan mengindikasikan bahwa sebetulnya apa yang dimauin oleh profesi pilot itu sudah hampir sampai. Even dia keluar, mungkin dia kerja malah jadi minoritas. Sementara kita kerja di tempat kita sendiri, di rumah sendiri, bergaul dengan teman-temannya, saya kira itu lebih kondusif kondisinya," jelasnya.

Hal lain yang juga dia cermati yakni terkait masalah keselamatan atau safety. Meski saat ini harga tiket pesawat tengah melambung dan persaingan antar maskapai semakin sengit, dia mengimbau agar para pilot tetap fokus terhadap unsur keselamatan penumpang.

"Masalah tiket ini yang penting jangan sampai mengganggu permasalahan safety. Bagi kita itu harga mati. Jangan sampai mengorbankan lagi permasalahan itu," pungkas dia. ***Deviane

Subscribe to receive free email updates: