Kades Mertak Apresiasi Keberadaan Pospamdu


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com,- 
Pemerintah Desa Mertak  mengapresiasi pembangunan pos pengamanan terpadu (Pospamdu) di beberapa desa di Kecamatan Pujut.

Kepala Desa Mertak, HL.Bangun mengatakan, pembangunan pos pengamanan terpadu diyakini mampu mengurangi angka kriminalitas, khususnya di kawasan wisata. " Alhamdulillah sejak dibangun beberapa bulan lalu, angka kriminalitas di wilayah kami menurun," ungkap HL.Bangun di ruang kerjanya, Rabu (29/3)

Dikatkan HL. Bangun, setiap malam personil Pol-PP dibantu satu personil kepolisian dan TNI, disiagakan. Puluhan Badan Keamanan Desa (BKD) yang terdiri dari masyarakat, termasuk anggota pamswakarsa ikut membackup pengamanan. 

Begitu juga dengan kegiatan rond malam di 22 pos ronda yang ada di masing-masing kekadusan, terus digalakkan. Untuk memudahkan koordinasi, petugas jaga dilengkapi dengan orari dan fasilitas penunjang lainnya. Sementara untuk konsumsi ditanggung warga dengan cara urunan.

Adapun pola pengamanan adalah dengan cara patroli. Setiap malam personil jaga di pos induk memantau pos ronda di masing-masing kekadusan.

Koordinasi pos jaga di Desa Kidang dan Bilelando, Kecamatan Praya Timur, termasuk polsek, kepala desa dan pamswakarsa juga terus dilakukan."Sebagian besar BKD merupakan anggota pamswakarsa," jelasnya. 

Namun kedepan, kesejahteraan anggota BKD  harus diperhatikan, yakni melalui pemberian insentif. " Kalau tidak ada jaminan kesejahteraan, mereka tidak akan maksimal menjalankan tugas,"pungkasnya.|wis

Subscribe to receive free email updates: